Senin, 26 September 2011

Penelitian - FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN ANEMIA GIZI BESI PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS DTP BAYONGBONG KABUPATEN GARUT TAHUN 2008

Anemia pada saat kehamilan menyebabkan faktor resiko yang dapat menimbulkan perdarahan persalinan, BBLR serta kematian ibu. Menurut WHO tahun 2001. Angka Kematian Ibu ( AKI ) merupakan salah satu indikator keberhasilan layanan kesehatan di suatu negara. Namun kenyataan AKI di Indonesia prevalensi sangat tinggi yaitu 15 - 20 %.

Penelitian in bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan anemia gizi besi pada ibu hamil di puskesmas DTP Bayongbong Kabupaten Garut Tahun 2008. Desain penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 100. Pengambilan data secara wawancara dan pemeriksaan haemoglobin, serta di olah dengan software  pengolah data.
Mayoritas responden berumur antara 20 sampai 35 tahun, berpendidikan rendah, berparitas multipara, berjarak  kelahiran kurang baik, berpendapatan rendah, berpengetahuan baik, serta mempunyai kebiasaan mengkonsumsi tablet Fe secara teratur. Pendapatan keluarga dan konsumsi tablet Fe saja yang berhubungan dengan anemia gizi besi, sedangkan variabel lainnya tidak berhubungan.

** Peneliti : Ai Susilawati, SKM.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes