Senin, 26 September 2011

Penelitian - FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN SARANA PELAYANAN PENGOBATAN DI PUSKESMAS DTP CILAWU KECAMATAN CILAWU KABUPATEM GARUT TAHUN 2005

Perkembangan pelayanan kesehatan di Indonesia, sejak awal pelita pertama sudah berubah dimana perubahan tersebut didasarkan pada kenyataan bahwa sebagian besar masyarakat tinggal dipedesaan maka sistem pelayanan yang tadinya pelayanan Rumah sakit berubah ke pelayanan dasar yang lebih cenderung kearah pencegahan dan promosi.

Tujuan dari penelitian ini adalah diperolehnya Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan sarana pelayanan pengobatan pada Puskesmas DTP Cilawu Kecamatan Cilawu Kabupatem Garut. Penelitian ini dilakukan dengan desain potong lintang (Cross sectional ) . Populasinya adalah semua Kepala Keluarga yang ada di wilayah Puskesmas DTP Cilawu yang berjumlah  14.242 orang. Sampel dipilih secara acak dilaksanakan pada bulan September 2005 dan yang jadi sampel adalah Kepala Keluarga atau anggota keluarga selama tiga bulan terakhir ada yang sakit dan  pernah memanfaatkan sarana pelayanan Pengobatan Puskesmas DTP  Cilawu.
Variabel dependen pada penelitian ini adalah Pemanfaatan Sarana Pelayanan Pengobatan dan variabel independen adalah jenis kelamin, umur, pendidikan, pekerjaan, persepsi terhadap pelayanan, dan jarak tempuh.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dari 100 responden yang memanfaatkan sarana pelayanan 50,0 %, dan yang tidak memanfaatkan sarana pelayanan 50,0 %. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan sarana pelayanan pengobatan, pendidikan, pekerjaan, persepsi terhadap pelayanan, sedangkan jenis kelamin, umur, jarak tempuh tidak terbukti ada hubungan dengan pemanfaatan sarana pelayanan pengobatan hal ini kemungkinan dikarenakan kurang tepatnya pengukuran variabel-variabel tersebut, besar sampel terlalu kecil dan kecilnya variasi pada variabel-variabel tersebut.
Untuk meningkatkan pemanfaatan sarana pelayanan pengobatan maka puskesmas DTP Cilawu diharapkan meningkatkan sosialisasi sistem pelayanan berjenjang, meningkatkan pelayanan dengan tempat tinggal masyarakat, penambahan jumlah Pustu, dan peningkatan keramahan petugas.

** Peneliti : Sri Febiani, SKM.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes