Senin, 26 September 2011

Penelitian - FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMILIHAN PERTOLONGAN PERSALINAN DI PUSKESMAS SINDANGRATU KABUPATEN GARUT TAHUN 2006

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Garut (Dinkes) diketahui bahwa pencapaian persalinan oleh bidan pada tahun 2004 sebesar 52,41% dari target 75%, tahun 2005 sebesar 61,66% dari target 80% dan tahun 2006 sebesar 67,27% dari target 80%. Jadi sangat jelas sekali bahwa target persalinan yang di tolong oleh tenaga kesehatan dari mulai tahun 2004 sampai 2006 pencapaiannya masih jauh dari target yang diharapkan. Sementara itu Puskesmas Sindangratu merupakan Puskesmas yang paling rendah pencapaian target pertolongan persalinannya yaitu sebesar 26,91% (356) persalinan dari perkiraan 1.323 persalinan dari target 80% pada tahun 2006.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor–faktor yang berhubungan dengan pemilihan  pertolongan persalinan di Puskesmas Sindangratu Kec. Pakenjeng Kab. Garut Tahun 2006. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasional dengan pendekatan crossectional, yaitu proses pengumpulan data untuk mempelajari dinamika korelasi antara faktor-faktor resiko dengan efek, dengan cara pengumpulan data sekaligus pada suatu saat atau pada saat itu juga (Notoatmodjo, 2002).
Pengambilan sampel menggunakan metode stratifield proportional random sampling dengan rumus Notoatmodjo (2003), sebanyak 310 responden dari 1.323 populasi. Data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menanyakan langsung kepada responden dengan menggunakan kuesioner dan data sekunder berupa profil. Pengolahan data menggunakan perangkat komputer. Analisis yang digunakan adalah Analisis Univariat dan analisis Bivariat.
Berdasarkan hasil uji Chi-Square dapat disimpulkan bahwa pendidikan, pengetahuan, pendapatan keluarga dan sikap berhubungan dengan pemilihan pertolongan persalinan di Puskesmas Sindangratu Kec. Pakenjeng Kab. Garut Tahun 2006. Sedangkan variabel sarana transportasi tidak berhubungan dengan pemilihan pertolongan persalinan di Puskesmas Sindangratu Kec. Pakenjeng Kab. Garut Tahun 2006.

** Peneliti : Dani Hamdani, SKM.

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Facebook Themes